Menulis dengan Hati, Menyeru dengan Hikmah

~ InspirAzis ~

Menulis dengan Hati, Menyeru dengan Hikmah

Allah memberi Hikmah Kepada yang Dia Kehendaki, Siapa yang Mendapatkan, telah diberi kebaikan yang banyak

Catatan Kajian ZOOM 1DOA SIDAQ
Selasa, 5 Desember 2023
Pemateri: Ustadz Aqil

Model Santri itu ada 2
1. Santri Shadiq : gurunya masih ada/masih hidup atau sudah wafat, dia tetap beradab.

2. Santri Kadzib : di depan guru membenarkan, tapi di belakangnya justru menyalahkan serta membanding guru yang satu dengan guru yang lainnya.

Usia seumur Jagung, Rezeki seluas Samudera, Bagaimana Ceritanya ?

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain."

Allah telah memilih kita. Allah memberikan hikmah kepada siapa saja yang Dia kehendaki.

QS. Al-Baqarah : 269

يُّؤْتِى الْحِكْمَةَ مَنْ يَّشَاۤءُ ۚ وَمَنْ يُّؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ اُوْتِيَ خَيْرًا كَثِيْرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ اِلَّآ اُولُوا الْاَلْبَابِ

"Dia memberikan hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Barang siapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat."

Manusia pasti memiliki masalah atau ujian. Ujian yang Allah titipkan kepada kita sejatinya Allah juga yang akan membantu menyelesaikan, bisa lewat hamba yang lain.

Hikmah itu terkadang didapatkan melalui orang lain, itulah kenapa pentingnya hidup bersosialisasi.

Dipertegas kembali dalam Al-Qur'an QS. Thaha ayat 13:

وَاَنَا اخْتَرْتُكَ فَاسْتَمِعْ لِمَا يُوْحٰى

"Dan Aku telah memilih engkau, maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan (kepadamu)."

QS. Al-Hadid : 20

"Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau, perhiasan, dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu."

Sesuatu yang tidak sesuai dengan fitrahnya maka tubuh akan merespons dengan tidak benar dan baik maka pintu masuknya harus diteliti dengan lebih baik.

RUMUS Usia seumur Jagung, Rezeki seluas Samudera

1. BERSABAR
Bersabar adalah bahan bakarnya PERTOLONGAN. Semakin sabar semakin banyak datangnya pertolongan.

QS. Al-A'raf ayat 126

وَمَا تَنْقِمُ مِنَّآ اِلَّآ اَنْ اٰمَنَّا بِاٰيٰتِ رَبِّنَا لَمَّا جَاۤءَتْنَا ۗرَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّتَوَفَّنَا مُسْلِمِيْنَ

Dan engkau tidak melakukan balas dendam kepada kami, melainkan karena kami beriman kepada ayat-ayat Tuhan kami ketika ayat-ayat itu datang kepada kami.” (Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan matikanlah kami dalam keadaan muslim (berserah diri kepada-Mu).”

2. BERSYUKUR
QS. An-Naml : 19

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

"Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, “Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.”

QS. Ibrahim : 7

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

3. IKHLAS
Mereka yang ikhlas adalah orang-orang yang dilindungi oleh Allah swt. 
QS. Ash-Shaffat : 74

إِلَّا عِبَادَ ٱللَّهِ ٱلْمُخْلَصِينَ

"Tetapi hamba-hamba Allah yang membersihkan (dari dosa tidak akan diazab)."

SEMUA REZEKI PASTI ADA PINTU MASUKNYA. ***
Share:

0 Comments:

Posting Komentar