Menulis dengan Hati, Menyeru dengan Hikmah

~ InspirAzis ~

Menulis dengan Hati, Menyeru dengan Hikmah

Kualitas Hidup dan Apa yang Kita Jalani di Muka Bumi Ini Tergantung Isi Kepala dan Isi Hati Kita

Catatan Kajian ZOOM 1DOA SIDAQ
Rabu, 6 Desember 2023
Pemateri: Kyai Adi Pratama Larisindo

Apa yang kita jalani di muka bumi ini tergantung isi kepala dan isi hati. Kenapa di sebuah organisasi yang bagus ada orang yang tidak bertumbuh, adalah karena dia belum menemukan softwarenya.

Software utama penciptaan kita: khalifah, ibadah, zakat, puasa (Menjadi Hamba). Tujuan kita hidup ialah menjadi hamba. Titik tinggi manusia adalah “menghamba”.


Qs. 51 ayat 56:
وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
“Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS.51:56)
Orang umum menggunakan tenaga dan energi: transaksi, dapat bayaran, tapi terbatas.

Qs. 53 : 39
وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ
“Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya.” (QS.53:39)

Fokus menghamba:
1. Kerja Iman: langsung kepada kepada Allah
2. Kerja Amal: melalui manusia

Allah tempat berlindung
Qs. 16 ayat 80-81:
وَٱللَّهُ جَعَلَ لَكُم مِّنۢ بُيُوتِكُمْ سَكَنًا وَجَعَلَ لَكُم مِّن جُلُودِ ٱلْأَنْعٰمِ بُيُوتًا تَسْتَخِفُّونَهَا يَوْمَ ظَعْنِكُمْ وَيَوْمَ إِقَامَتِكُمْ ۙ وَمِنْ أَصْوَافِهَا وَأَوْبَارِهَا وَأَشْعَارِهَآ أَثٰثًا وَمَتٰعًا إِلَىٰ حِينٍ
Dan Allah menjadikan rumah-rumah bagimu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagimu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit hewan ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya pada waktu kamu bepergian dan pada waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta, dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan kesenangan sampai waktu (tertentu). (QS.16:80)

وَٱللَّهُ جَعَلَ لَكُم مِّمَّا خَلَقَ ظِلٰلًا وَجَعَلَ لَكُم مِّنَ ٱلْجِبَالِ أَكْنٰنًا وَجَعَلَ لَكُمْ سَرٰبِيلَ تَقِيكُمُ ٱلْحَرَّ وَسَرٰبِيلَ تَقِيكُم بَأْسَكُمْ ۚ كَذٰلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُونَ
Dan Allah menjadikan tempat bernaung bagimu dari apa yang telah Dia ciptakan, Dia menjadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia menjadikan pakaian bagimu yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikian Allah menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu agar kamu berserah diri (kepada-Nya). (QS.16:81)

Fokuslah dengan kemampuan diri, apa yang mau dibuat dikerjakan hari ini. Hadiah terbaik adalah ketika kita berkontribusi.

Saat ini kita fokus mengumpulkan bahan baku untuk di surga. Hilangkan kata dilayani dan apa yang aku dapat tetapi kitalah yang harus memberikan pelayanan atau melayani.

Allah telah mejamin rezeki kita.
Qs. 11 ayat 6
وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتٰبٍ مُّبِينٍ
Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). (QS.11:6)
Share:

0 Comments:

Posting Komentar