Menulis dengan Hati, Menyeru dengan Hikmah

~ InspirAzis ~

Menulis dengan Hati, Menyeru dengan Hikmah

Mengembalikan Spirit yang Hilang


Oleh: Syah Azis Nangin


Judul : Meremas Sampah Menjadi Emas
Penulis : Ekky Malaky, Afifah Afra, dkk.
Penerbit : Afra Publishing, Kelompok Penerbit Indiva Media Kreasi, Solo.
Cetakan : 1, Oktober 2008
Tebal : 208 Halaman

Keputusasaan merupakan penyakit yang banyak diidap oleh manusia. Saya tidak tahu apakah putus asa itu merupakan penyakit jiwa yang harus diobati di rumah sakit jiwa atau harus datang kepada psikiater. Penyakit ini juga dapat mengidap segala usia dan profesi. Mengapa? Karena setiap orang pasti pernah menemukan kegagalan dalam berbagai dimensi dan bidang. Gagal mendapatkan istri, gagal mencari pekerjaan, gagal dalam pernikahan, gagal dalam bisnis, gagal sekolah, dan masih banyak bentuk kegagalan yang tidak mungkin dirinci satu persatu. Dan kegagalan-kegagalan itu memiliki potensi putus asa bagi yang mengalami kegagalan dalam usaha mereka.


Karena itu, kegagalan perlu dikelola agar tidak putus asa. Namun dalam mengelola setiap kegagalan, dibutuhkan kesabaran dan kecerdasan yang tinggi supaya tidak putus asa. Karena kita yakin bahwa Allah akan memberikan hikmah atas segala kejadian atau musibah yang menimpa. Semuanya tergantung pada kita, apakah kita mau dan mampu memetik hikmah itu. Dan dapat menjadikannya sebagai pelajaran yang berharga untuk meraih kesuksesan luar biasa baik di dunia maupun di akhirat. Apabila kita tidak cerdas dalam mengelola masalah maka yang terjadi hanyalah tekanan, keputusasaan, stress atau bahkan sampai gila. Huh…! Na’udzu billah min dzalik...

Oleh karena itu, sangat baik bagi kita untuk membaca buku “Meremas Sampah Menjadi Emas” sebagai pelajaran hidup untuk menjadi lebih baik. Terutama bagi mereka yang sedang mengalami kegagalan dalam usaha yang sedang ditekuni. Secara psikologi, orang yang mengalami kegagalan cenderung kecewa dan putus asa, sehingga kekecewaan itu perlu diarahkan menuju ke hal-hal positif dan optimis. Pada akhirnya akan menghasilkan buah yang sangat manis.

Buku tersebut ditulis oleh Ekky El-Malaky, dkk dalam Forum Lingkar Pena (FLP). Buku tersebut merupakan goresan pengalaman yang tidak pernah mereka inginkan dalam menjalani kehidupan atas setiap kegagalan yang pernah dialami. Namun dengan kecerdasan yang dimiliki mereka mampu memanfaatkannya untuk mengelola setiap masalah sehingga mampu memetik hikmah mutiara dari setiap kegagalan. Juga terlalu banyak contoh orang-orang besar yang berhasil karena kegagalan yang melanda.

Buku ini disusun atas 8 (delapan) bagian sesuai dengan berbagai masalah yang pernah dihadapi. Di bagian pertama pembaca disuguhi dengan beberapa kiat menemukan hikmah dari masalah sekolah. Pada bagian kedua berisi kiat menemukan hikmah dari masalah cinta. Di bagian ketiga berisi tentang kiat menemukan hikmah dari masalah keuangan. Bagian keempat memaparkan kiat menemukan hikmah dari masalah pekerjaan. Pada bagian kelima menguraikan kiat menemukan masalah dari masalah keseharian. Bagian keenam berisi kiat menemukan hikmah dari masalah hubungan sosial. Bagian ketujuh berisi tentang kiat menemukan hikmah dari masalah kesehatan. Dan pada bagian terakhir berisi kiat menemukan masalah dari masalah ruhiyah. Kemudian ditutup dengan pemaparan biografi seluruh penulis yang sekarang telah menjadi orang besar setelah menemui kegagalan-kegagalan.

Secara fisik, buku ini cukup bagus dengan ukuran yang standar. Di dalamnya juga disertai dengan ilustrasi gambar pada setiap halaman judul. Dilayout dengan menarik serta memberikan kutipan penting pada setiap cerita. Tak lupa dengan design cover yang menarik hati pembeli untuk sehingga mereka penasaran. Sebagai catatan yang perlu diperhatikan dari buku ini adalah terlalu banyak ditemukan penulisan tanda baca yang salah.
Share:

0 Comments:

Posting Komentar