Menulis dengan Hati, Menyeru dengan Hikmah

~ InspirAzis ~

Menulis dengan Hati, Menyeru dengan Hikmah

Pontianak Kota Singkatan

Saya bersama keluarga pertama sekali menginjakkan kaki di kota Pontianak sekitar bulan Mei 2022, beberapa hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Karena kami belum kenal siapa-siapa, awal tinggal di Pontianak kami memutuskan untuk tinggal di Indekos di komplek perumahan Duta Bandara yang tidak terlalu jauh dari bandara. Perumahan ini juga relative tidak terlalu jauh dari dari kampus Univeraitas Tanjung Pura.

Target awal, kami berencana hanya ngekos selama 1 bulan. selanjutnya kami berencana mencari rumah kontrakan yang lebih, dan lebih nyaman. Walaupun pada akhirnya kami ngekos sampai empat bulan juga.

Ketika di masa-masa awal tinggal di Pontianak, sembari memahami kota Pontianak, ada sedikit yang cukup menggelitik di benak kami. Yaitu banyaknya nama-nama jalan atau tempat yang disingkat-singkat. Hal ini juga sedikit membuat bingung katika kami hunting rumah kontrakan via online. Ketika ditanya di daerah mana, sering sekali dijawab dengan menggunakan singkatan, misalnya “Deskap”. Sehingga harus bertanya ulang, “Daerah man itu?”. Hal seperti ini belum pernah saya temui di kota-kota lain.

Berikut beberapa nama-nama jalan atau tempat yang sering disingkat di Kota Pontianak dan sekitarnya:

1. Serdam, singkatan dari Sungai Raya Dalam
2. Imbon, singkatan dari Imam Bonjol
3. Ayani, singkagan dari Ahmad Yani
4. Dansen, singkat dari Danau Sentarum
5. Deskap, singkatan dari Desa Kapur
6. Kobar, singkatan dari Kota Baru
7. Paris, singkatan Parit Haji Husin
8. Tanray, singkatan dari Tanjung Raya

Dan mungkin masih banyak daerah atau jalan lain yang saya belum saya ketahui yang juga disingkat penyebutannya. Bahkan kota Pontianak sendiri orang-orang sering menyebutnya dengan Ponti.

Inilah Ponti, kota penuh dengan singkatan. Seperti halnya dalam iklan rokok, Semua Selesai Pakai Singkatan (SSPS).

Kalau teman-teman tahu ada singkatan yang belum disebutkan di sini, boleh diisi di kolom komentar ya. See You...
Share:

0 Comments:

Posting Komentar