Menulis dengan Hati, Menyeru dengan Hikmah

~ InspirAzis ~

Menulis dengan Hati, Menyeru dengan Hikmah

Parade Tasmi' II Kuttab Al-Fatih Semarang: Semangat Menggemakan Kalamullah.

Tasmi' Juz 28 s.d.29, oleh Aisyah, dkk.
Tasmi' adh-Dhuha s.d. an-Naas, oleh Aji, dkk.
Mendengarkan dengan Khusyu'.
Selasa (10 Juni 2014), Kuttab Al-Fatih Semarang menggelar Parade Tasmi' II, setelah Parade Tasmi' Pertama pada akhir semester ganjil Tahun Ajaran 2013 – 2014. Parade Tasmi' II ini diikuti oleh seluruh santri Kuttab Al-Fatih Semarang dan disaksikan oleh ustadz-ustadzah dan para orang tua yang hadir. Parade Tasmi' II dilaksanakan di Joglo Kuttab Al-Fatih Semarang mulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 11.30 WIB setelah ikrar dan muroja'ah al-Qur'an bersama.

Parade Tasmi' II ini men-tasmi'-kan juz 28 sampai dengan juz 30 dengan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama yaitu tasmi' juz 28 dan juz 29, sedangkan sesi kedua yaitu tasmi' juz 30.

Pada sesi pertama, yang maju sebanyak 5 (lima) orang santri. Semua santri ditasmi' satu persatu secara bergiliran mulai dari juz 28 sampai dengan juz 29. Urutan santri yang maju untuk tasmi' juz 28 yaitu ananda Aisya (9 th) dan 'Azmi (9 th). Kemudian juz 29 oleh ananda Alya (8 th), Zidan (8 th), dan Hasan (8 th). Mereka membaca sebagian demi sebagian sehingga mereka selesai membaca 2 juz dari al-Qur'an. Sesi pertama selesai jam 10.00 WIB.

Kudapan Berjama'ah.
Seusai sesi pertama, tepat jam 10.00 WIB sebelum sesi dua dimulai, seluruh santri, para orang tua, dan ustadz-ustadzah melakukan kudapan sejenak. Sekitar 15 menit seluruh peserta menikmati snack ringan baik yang disediakan dari kuttab maupun yang dibawa para santri dari rumah. Tidak lupa para ustadz dan ustadzah mengingatkan kepada anak-anak agar suka berbagi dari rizki yang mereka punya.

Pemberian Hadiah, oleh Ketua Yayasan.
Pemberian Hadiah, oleh Kepala Kuttab.
Pada sesi yang kedua, juz yang di-tasmi'-kan adalah juz 30 dan dibagi menjadi 3 kelompok. Berbeda dengan sesi pertama, tasmi' pada sesi kedua dilakukan secara bersama-sama sesuai dengan kelompoknya masing-masing.

Kelompok pertama yaitu tasmi' surat an-Naba sampai surat at-Thoriq yang di-tasmi'-kan oleh ananda Syamil (7 th), Haidar (7 th), Husna 7 (th), Kultsum (7 th), Fathiya (7 th), dan Fida (8 th). Kelompok kedua yaitu dari surat al-A'la sampai surat al-Lail, yang di-tasmi'-kan oleh ananda Farrel (10), Kafi (6 th), Naura (5 th), Shofie (7 th), Najwa (6 th), Lia (6 th), dan Husniya (6 th). Dan terakhir, kelompok 3 (tiga) dari surat adh-Dhuha samapai surat an-Nas oleh ananda Asma' (5 th), Zalfa (5 th), Khansa (6 th), Ghanny (7 th), Faris (6 th), Aji (6 th), Amin (6 th), dan Azka (6 th).

Pada saat al-Qur'an di-tasmi'-kan, terlihat para santri yang sedang di-tasmi' benar-benar menikmati bacaannya hingga masing-masing menyelesaikan bacaannya dengan sangat apik. Begitu pun para santri yang gilirannya mendengarkan, para ustadz dan ustadzah, serta orang tua yang sedang mendengarkan, mereka benar-benar kelihatan sedang khusyu' mendengarkan dan mencoba meresapinya bacaan al-Qur'an dengan sepenuh hati. Semoga baik yang membaca maupun yang mendengarkan bacaan al-Qur'an senantiasa mendapat rahmat dari Allah subhanahu wata'ala.

Di sela-sela setiap sesi dan kelompok tasmi', dibagikan juga hadiah Musabaqah Hifzhul al-Qur'an (MHQ) / Lomba Hafalan al-Qur'an yang sudah dilaksanakan satu hari sebelumnya, yaitu hari Senin (09/06/2014). Hadir juga DR. Suharnomo, S.E, M.Si, ketua Yayasan Kuttab Al-Fatih Pilar Peradaban Semarang untuk membagikan hadiah langsung kepada para Juara MHQ. Selain oleh ketua yayasan, turut juga Syah Azis Perangin Angin, Kepala Kuttab Al-Fatih Semarang dan beberapa asatidz yang ikut membagikan hadiah kepada para pemengang lomba menghafal al-Qur'an.

Tepat jam 11.30 WIB, rangkaian kegiatan Parade Tasmi' II Kuttab Al-Fatih Semarang berakhir. Acara Parade Tasmi' II Kuttab Al-Fatih Semarang ditutup dengan membaca hamdalah, istighfar, dan doa penutup majlis, sebagaimana dalam setiap agenda senantiasa ditutup dengan sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. (Syah Azis, Kepala Kuttab Al-Fatih Semarang)



Share:

0 Comments:

Posting Komentar