Menulis dengan Hati, Menyeru dengan Hikmah

~ InspirAzis ~

Menulis dengan Hati, Menyeru dengan Hikmah

MHQ II KAF Semarang: Berlomba Menjaga Kalamullah


Simulasi Awal oleh Ust Rokhim
Santri Menjawab Pertanyaan Juri
Senin, 09 Juni 2014, Kuttab Al-Fatih Semarang menyelenggarakan Musabaqah Hifzhul Qur'an (MHQ) yaitu lomba hafalan Al-Qur'an santri Kuttab Al-Fatih Semarang. MHQ ini merupakan MHQ yang diselenggarakan Kuttab Al-Fatih Semarang untuk yang kedua kalinya. MHQ I telah diselenggarakan pada akhir semester I tahun ajaran 2013 - 2014. MHQ merupakan kegiatan rutin Kuttab Al-Fatih Semarang setelah selesai melaksanakan ujian akhir semester. MHQ II kali ini masih diselenggarakan di Joglo Kuttab Al-Fatih Semarang, sama seperti MHQ sebelumnya. Pelaksanaan MHQ II dimulai dari pukul 08.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB setelah seluruh santri memuroja'ah Al-Qur'an di kelas masing-masing.

Seluruh Santri Mendengarkan Hafalan
MHQ II Kuttab Al-Fatih semarang diikuti oleh seluruh santri Kuttab Al-Fatih Semarang yang berjumlah 29 orang santri. Lomba dibagi menjadi 4 (empat) kelompok hafalan. Kelompok satu yaitu santri yang sudah hafal Juz 29 dan 30. Kelompok dua yaitu santri yang sudah hafal Juz 30. Kelompok tiga adalah santri yang sudah hafal setengah juz 30 yaitu dari surat An-Nas sampai surat Al-A'laa. Dan kelompok empat, yaitu santri yang sudah hafal dari surat An-Naas sampai surat Adh-Dhuhaa.

Para Dewan Juri
Seluruh santri begitu antusias dalam mengikuti MHQ II sampai selesai. Lomba dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Sesi pertama diikuti oleh kelompok 4 (empat) dan kelompok 2 (dua), kemudian sesi kedua diikuti oleh kelompok 3 (tiga) dan kelompok 1 (satu). Di sela-sela sesi satu dan dua yaitu pukul 09.45 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB, seluruh santri break sejenak untuk kudapan pagi secara bersama-sama.

Menjawab Pertanyaan Juri
Ketika lomba dilaksanakan, satu-persatu santri dipanggil ke depan para santri untuk dites hafalannya oleh dewan juri. Setiap anak hanya diberi tiga buah pertanyaan untuk dijawab oleh santri. Subhanallah, sebagian besar santri dapat menjawab pertanyaan para dewan juri dengan baik bahkan mereka bisa menikmati bacaannya masing-masing. Dewan Juri MHQ II terdiri dari 3 (tiga) orang ustad dari Kuttab Al-Fatih Semarang, yaitu Ust. Rokhim, Ust. Syifa, dan Ust. Syarif.

Kudapan Bersama
Tepat pukul 11.00 WIB, semua santri telah selesai mengikuti lomba. Di akhir acara, para dewan juri rapat untuk menentukan para juara lomba dari setiap kelompok. Hasilnya akan dibacakan setelah Parade Tasmi' Kuttab Al-Fatih Semarang, pada hari Selasa tanggal 10 Juni 2014. Berbarengan dengan pengumumuman hasil lomba, santri yang mendapat juara akan diberi hadiah. (Syah Azis, Kepala Kuttab Al-Fatih Semarang)

Share:

1 Comments:

  1. Melatih keberanian anak Mwnghafal didepan byk orang agar terbiasa... dan memotivasi untuk memperbaiki haflan... like it!

    BalasHapus